Jumat, 04 November 2016

penyebab ban sepeda motor sering bocor

memeriksa kondisi ban sepeda motor

penyebab ban sepeda motor sering bocor
gambar: ban sepeda motor

bila ban sepeda motor anda sering mengalami kebocoran yang mungkin di akibatkan terkena paku atau pun ban sering bocor tanpa terkena benda-benda tajam lainnya, sebaiknya anda perlu memeriksa kondisi ban dalam atau pun ban luar sepeda motor anda, karna bisa jadi ban luar atau pun ban dalam sudah tidak layak untuk digunakan karna faktor umur pemakaian yang telah terlalu lama atau pun akibat faktor perawatan ban yang tidak di perhatikan. oleh sebab itu anda perlu mencari tahu penyebab mengapa ban sepeda motor yang anda miliki sering mengalami kebocoran. sebab jika hal ini di biarkan terus menerus tentunya sering membuat anda kesal tentunya.
berikut adalah penyebab- penyebab yang membuat ban sepeda motor sering mengalami kebocoran, di antaranya:

ban luar telah aus

ban luar telah aus atau pun tipis selain mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara karna dapat mengakibatkan tergelincir, terlebih lagi apa bila melintasi kondisi jalan basah atau pun berpasir, ban luar yang telah aus juga dapat mengakibatkan ban lebih rentan mengalami kebocoran yang di karenakan tertusuk oleh batu-batu kerikil sehingga mengakibatkan ban mengalami bocor halus

kondisi ban dalam kurang  baik

sebaikknya gantilah ban dalam jika sudah terdapat penambalan sebanyak 3 kali, sebab kondisi ban dalam tersebut sudah tidak layak untuk di gunakan. meskipun proses penambalan pada ban sangat baik, namun terlalu banyak penambalan pada  ban sangat tidak baik bagi performa ban, maka ban akan rentan terhadap kebocoran yang di sebabkan terlalu banyaknnya tambalan pada ban

kondisi pentil sudah tidak baik

biasanya jika kondisi pentil sudah tidak baik yang mungkin di karnakan umur pemakaian pentil sudah terlalu lama, maka ban sepeda motor sering mengalami kempes yang di akibatkan keluarnya angin dari dalam ban, untuk melakukan pemeriksaan pentil dalam kondisi baik atau tidak caranya cukup mudah, kita hanya perlu memberikan busa air sabun ke daerah pentil, jika terdapat gelembung-gelembung pada permukaan pentil itu berarti menandakan terdapat kebocoran pada pentil. maka kita harus mengganti pentil tersebut dengan yang baru

ban kempes

hal inilah yang paling sering menyebabkan ban sepeda motor bocor, karna kondisi ban kempes dapat membuat benda-benda tajam pada permukaan jalan lebih gampang menancap ke ban. dan jika ban dalam keadaan kempes maka dapat mengganggu kenyamanan berkendara, karna ban kempes sepeda motor akan terasa oleng ketika di kendarai. ban kempes juga dapat merusak lapisan dalam pada  ban luar, jika lapisan dalam pada ban luar rusak maka hal ini dapat membuat ban dalam sering mengalami kebocoran. untuk lebih jelasnya lihatlah gambar berikut
penyebab ban sepeda motor sering rusak
gambar: bagian dalam pada ban luar rusak
dari gambar di atas terlihat terdapat  retakan pada bagian dalam ban luar, sehingga jika hal ini terjadi pada ban luar maka ban dalam akan selalu mengalami kebocoran akibat terjepit oleh bagian ban luar yang retak seperti gambar diatas. jangan menambal bagian yang retak tersebut karna tambalan pada retakan lama-kelamaan akan habis dan akan mengakibatkan ban dalam kembali bocor, sebaiknya gantilah ban luar dan dalam sekaligus secara bersamaan. untuk memilih ban sesuai dengan sepeda motor yang anda miliki, ada baiknya anda mengetahui cara membaca kode dan ukuran ban. dan sebaiknya lakukan pengecekan tekanan ban minimal sekali dalam seminggu agar hal ini tidak terulang kembali.
itulah penyebab-penyebab bocornya ban sepeda motor, semoga postingan saya ini dapat bermanfaat untuk anda

Kamis, 03 November 2016

Ukuran minyak shock honda terlengkap

Pengisian ukuran minyak shock yang tepat



Jika sepeda motor yang kita miliki telah sekian tahun lama-kelamaan maka seal shock pada sepeda motor akan rusak akibat umur pemakaian yang telah terlalu lama. akibatnya minyak shock akan merembes di fork(bambu shock) dan akan mengakibatkan sepeda motor tidak nyaman di kendarai sewaktu sepeda motor melintasi jalan berlubang, maka kita harus mengganti seal shock dengan yang baru dan tentunya juga kita harus mengganti minyak shock sesuai dengan kapasitas ukuran yang telah di tentukan pabrik agar sepeda motor kembali nyaman di kendarai sewaktu melintasi jalan berlubang atau tidak rata
ukuran minyak shock honda terlengkap

daftar ukuran minyak shock sepeda motor honda

agar kita tidak salah dalam pengukuran pengisian minyak shock berikut daftar type sepeda motor honda beserta ukuran kapasitas minyak shock pada masing-masing type sepeda motor:


                                          Type Sepeda motor
Kapasitas minyak fork
Supra fit
62 ± 1 mm
Supra x 125
71 ± 1 mm
Supra x 125 helm-in
73 ± 1 mm
Supra x 125 PGM-FI
62 ± 1 mm
Kirana
70 ± 1 mm
Revo
70 ± 1 mm
Revo absolute
62 ± 1 mm
Revo AT
63 ± 1 mm
Revo PGM-FI
62 ± 1 mm
Blade
62 ± 1 mm
Blade PGM-FI
62 ± 1 mm
Vario
75 ± 1 mm
Vario techno 110
75 ± 1 mm
Vario techno 125 PGM-FI
61 ± 1 mm
Vario techno 150 PGM-FI
61 ± 1 mm
Vario 110 PGM-FI
62 ± 1 mm
Beat
75 ± 1 mm
Beat PGM-FI
75 ± 1 mm
Spacy
59 ± 1 mm
Scoopy
67 ± 1 mm
Scoopy PGM-FI
62 ± 1 mm
PCX
116 ± 2.5mm
New CB150 R
177 ± 2.5 mm
CBR 150 R thailand
221 ± 2.5mm
CBR 150 R
197 ± 2.5mm
All new CB150 R
189 ± 2.5mm
CBR 250 R
331 ± 2.5mm
Mega pro
163 ± 2.5mm
New mega pro
159 ± 2.5mm
New mega pro PGM-FI
159 ± 2.5mm
GL MAX
157 ± 1 mm
VERZA
156 ± 1 mm
TIGER
133 ± 1 mm
TIGER 2000
159 ± 1 mm
CS ONE
53  ±1 mm

nah itulah daftar spesifikasi pengukuran pengisian kapasitas minyak shock sesuai daftar yang di anjurkan pihak pabrikan honda. agar pengisian tidak terlalu sedikit  atau pun terlalu banyak, sebab jika terlalu sedikit maka shock akan terasa sangat lembek dan akan kandas/mentok jika melintasi jalan berlubang begitu juga jika pengisian terlalu banyak maka akan mengakibatkan shock akan sangat keras sehingga tidak nyaman untuk di kendarai. apa bila anda tidak memiliki takaran minyak shock saya sarankan untuk membeli minyak shock TOP 1, karna pada pinggiran kemasan minyak shock tersebut terdapat takaran minyak sampai 150 mm sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk membeli takaran minyak, sekian dari saya semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda 

Minggu, 30 Oktober 2016

cara membaca kode dan ukuran ban

pengetahuan tentang ban

ban merupakan komponen penting dari sepeda motor. untuk itu kita wajib mengetahui cara membaca kode dan ukuran ban agar kita dapat memilih ban dengan tepat, maka kali ini kita akan membahas satu persatu dari bagian ban

POLA TELAPAK BAN 

ada bermacam-macam jenis alur dan takik pada permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan. alur dan takik ini dinamakan pola telapak ban, uraian berikut membahas pola telapak ban yang khas
Rib type
pola telapak ban jenis rib type mempunyai beberapa alur di sepanjang lingkaran ban yang mempunyai karakteristik-karakteristik berikut
cara membaca kode dan ukuran pada ban
gambar: jenis ban rib type
  • pola telapak ban ini lebih kecil kemungkinannya untuk slip dan lebih sedikit suara  (suara berdecit)
  • pola telapak ban ini memberikan pengoperasian dan stabilitas tinggi, cocok untuk pengendaraan di jalan-jalan beraspal.
  • oleh karena telapak ban ini lebih kecil kemungkinannya bagi ban untuk slip, ia memberikan pengoperasian dan stabilitas tinggi, cocok untuk penggunaan sebagai ban depan.
  • pola telapak ban ini meredam kejutan dari permukaanjalan dan menghasilkan lebih sedikit kebisingan (getaran ban)
  • pola telapak ban ini mempunyai lebih sedikit gaya dorong, sehingga tidak cocok penggunaannya sebagai ban belakang
 
Block type
pola telapak ban jenis block type terdiri atas blok-blok tersendiri dan mempunyai karakteristiksebagai berikut:
cara membaca kode dan ukuran ban
gambar: jenis ban block type
  • pola telapak ban ini cocok untuk pengendaraan diatas permukaan yang tidak merata atau diatas pasir
Rip-block type
pola telapak ban jenis rib-block merupakan kombinasi antara pola telapak ban rib type dan block type, dan mempunyai karakteristik sebagai berikut:
gambar: jenis ban  rip-block type
  •  pola telapak ban ini mempunyai karakteristik-karakteristik  dari kedua type dan dipakai pada sepeda motor menengah dan besar

fungsi dan struktur dari ban

ada dua jenis ban: ban dengan ban dalam (tube tires) dan ban tanpa ban dalam (tubeless tire). ban tubeless mempunyai inner liner (lapisan dalam) pada dinding dalamnya untuk membentuk kontruksi satu bagian. inner liner ini berfungsi sebagai pengganti dari ban dalam. beads di dalam ban mencegah bocornya udara dari ban. berikut adalah struktur dan fungsi pada ban

1. Tread
treads (telapak ban) melindungi breaker dan carcass dari sebuah bandan mencegah keausan ban kerusakan di sebelah luar. selain itu, ban mempunyai pola telapak ban yang bermacam-macam pada permukaannya dan masing-masing  pola dimaksudkan untuk pemakaian tertentu

2. breaker
breakers terletak antara tread dan carcass. breakermenyerap kejutan pada carcass dan mencegah pemisahan antara threads dan carcass

3. carcass
carcass di bentuk dengan menyusun lapisan dari beberapa cord (carcass cord) (tail carcass) yang merupakan rangka dari sebuah ban. selain itu, carcass mempunyai peran dalam menahan beban dan kejutan yang di terapkan pada ban  dan tekanan udara di dalam ban

4. sidewall
sidewall (dinding samping dari ban) mempunyai peran dalam melindungi carcass dan tidak mempunyai kontak dengan permukaan jalan. sidewall melentur lebih banyak dari pada bagian lain dari sebuah ban sewaktu sepeda motor dikendarai. informasi ukuran ban, nama pabrik pembuat, dan nama ban, diperlihatkan pada sidewall.

5. Rim line
Rim line (garis pelak) dipakai untuk memeriksa bahwa bead telah duduk pada posisi yang benar sewaktu ban di pasang  pada wheel rim (pelak)

6. Bead
bead mendukung kedua ujung dari carcass cord untuk memasang ban dengan erat pada pelak an terdiri dari  sebuntelan kawaat baja (kawat piano). ada sedikit jarak antara pelak dan bead sehingga bead dapat terpasang dengan erat pada pelak sewaktu ban diisi penuh dengan udara.
7. inner liner
inner liner adalah lapisan karet dan merupakan lapisan yang paling dalam dari ban tubeless. inner liner berfungsi sebagai pengganti ban dalam. inner liner memegang fungsi untuk mempertahankan tekanan udara di dalam ban

cara membaca informasi pada ban

cara membaca kode dan ukuran pada ban
gambar: informasi pada ban
Dari gambar di atas terlihat angka pada ban 80/90 - 14 M/C 40 P dengan penulisan metrik yang berarti:

  • 80 = lebar bagian telapak (milimeter): 80 milimeter
  • 90 = perbandingan aspek, perbandingan tinggi terhadap lebar dari telapak: 80% 
  • 14 = dimeter pelak
  • M/C = motorcycle (yang berarti ban tersebut digunakan untuk sepeda motor)
  • 40 = indeks beban (menunjukkan dengan angka kapasitas pembebanan maksimum pada ban)
  • P = lambang kecepatan

lambang kecepatan dan kecepatan maksimum pada ban

  • J = 100 km/jam
  • K = 110 km/jam
  • L = 120 km/jam
  • M = 130 km/jam
  • N = 140 km/jam
  • P = 150 km/jam
  • S = 180 km/jam
  • H = 210 km/jam
  • W = 270 km/jam
  • ZR= over 240 km/jam
 
cara membaca kode dan ukuran ban
gambar: bagian ban       

tanda keseimbangan

cara membaca kode dan ukuran ban
gambar: tanda keseimbangan
pada proses pembuatan ban, carcass dan breaker digulung kedalam bentuk ban. dalam proses itu di bentuk sambungan dan bagian ini lebih berat dari pada bagian lain. kerangka struktural sebuah ban di tempatkan di dalam cetakan karet di tuangkan ke dalam cetakan. sulit untuk menuangkan karet secara merata ke dalam semua bagian dari ban.
oleh karna itu, setelah ban di buat, keseimbanga berat ban "tanda keseimbangan" di cetak pada sidewall sehingga bagian yang paling ringan dari masing-masing ban dapat diketahui dengan mudah. ini juga dinamakan "tanda ringan" sewaktu memasang ban pada pelak, anda harus menepatkan tanda keseimbangan yang menunjukkan bagian paling ringan dari ban dengan pentil, biasa kode ini di beri tanda cat kuning atau putih pada sidewall (lihat gambar)


Panah penunjuk arah putaran ban

beberapa  mempunya arah perputaran yang di tentukan sesuai dengan bentuk dari struktur ban di sebelah dalam  dan bentuk alur telapak ban. ban- ban ini memiliki "panah penunjuk putaran ban" pada sidewall. pada saat pemasangan ban tanda penunjuk putaran harus sesuai dengan arah putaran ban
cara membaca kode dan ukuran ban
gambar: panah penunjuk arah putaran ban

Tanggal produksi ban


gambar: kode produksi ban
di bagian sidewall tertulis 4 digit angka kapan ban di produksi. contoh 0715 yang berati dua digit pertama 07 menunjukkan minggu  ke (produksi) dan dua digit 15 menunjukkan tahun (produksi). berarti pembacaan kode produksi tersebut minggu ke 7 di tahun 2015

itulah tanda-tanda yang berada pada ban semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda

Jumat, 28 Oktober 2016

Spesifikasi new sonic 150r terlengkap

fitur terdepan dan spesifikasi teknis pada new sonic 150r

pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu produk terbaru dari pabrikan honda yang bergaya underbone yang sangat cocok buat kalangan anak muda masa kini, dan bagi anda yang ingin mengetahui fitur dan spesifikasi pada new sonic 150r,  berikut akan saya jabarkan apa-apa saja fitur yang ada pada honda sonic tersebut. dari segi mesin terlihat sepeda motor tersebut di bekali mesin 4-Langkah, DOHC, 4 Katup dengan silinder tunggal  dan di bekali sistem pendingi radiator dengan kipas pendingin elektrik otomatis sehingga performa pada sepeda motor tersebut tidak perlu di ragukan lagi dan tentunya sepeda motor new sonic 150r sudah bersistem bahan bakar injection sehigga walaupun performa pada sepeda motor tersebut cukup besar dan responsive namun tetap irit bahan bakar
spesifikasi new sonic 150r terlengkap
gambar: mesin new sonic 150r


fitur-fitur pada new sonic 150r

  • panelmeter full digital terintegrasi
  • velg sporti dengan ban tubeless
  • suspensi belakang tunggal
  • cakram roda depan dan belakang
  • kunci kontak bermagnet otomatis
  • sensor kemiringan
  • sistem tarikan gas push-pull
  • peredam getaran setang
  • pengaman rantai

gambar: new sonic 150r

spesifikasi new sonic 150r

DIMENSI

Panjang x Lebar x Ttinggi
1.941 x 669 x 977 mm
Jarak sumbu roda
1.275 mm
Jarak terendah ketanah
140 mm
Ketinggian tempat duduk
762 mm
Kapasitas tangki bahan bakar
4 liter
MESIN

Tipe mesin
4langkah, DOHC, 4-katup
Kapasitas mesin
149,16cc
System pendingin mesin
Liquid cooled with auto fan
Sistem suplai bahan bakar
PGM-FI
Diameter x langkah
57.3 x 57.8 mm
Perbandingan kompresi
11.3 : 1
Daya maksimum
11.8 KW (16.0 PS)/9000 rpm
Torsi maksimum
13.5 Nm (1.38kgf.m)/6500 rpm
Tipe transmisi
Manual, 6 – kecepatan
Pola perpindahan gigi
1-N-2-3-4-5-6
Starting system
Pedal dan elektrik
Sistem pelumasan
Basah
Kapasitas minyak pelumas
1,1 liter pada pergantian periodic
RANGKA

Tipe rangka
Twin tube steel
Ukuran ban depan
70/90-17 38 P
Ukuran ban belakang
80/90-17 50 P
Tipe rem depan
Cakram hidrolik
Tipe rem belakang
Cakram hidrolik
Tipe suspensi depan
Teleskopik
Tipe suspensi belakang
Lengan ayun dengan suspensi tunggal
KELISTRIKAN

Tipe pengapian
Full transistorized
Tipe batrai
MF wet 12 V 5Ah
Tipe busi
NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
  
tersedia varian warna spartan black, active white, energetic red dan new magenta
dan repsol spesial edition untuk harga OTR Rp.21.200.000 dan untuk OTR repsol spesial edition Rp.21.400.000. sebagai catatan harga tersebut adalah harga jabodetabek dan dapat berubah sewaktu-waktu.