Tuesday, October 25, 2016

cara paling tepat mengatasi suara mesin kasar all new cb150r

Cara mengatasi kelemahan all new cb150 r

Kali ini saya akan membahas cara melakukan perbaikan sepeda motor all new cb 150r yang mengalami suara kasar pada mesin. Awalnya saya merasa tidak perlu membahas postingan ini, karna menurut saya sudah banyak yang mengetahui masalah tersebut berasal dari tensioner yang  mempunyai gaya tekan yang minimal (pegas pada tensioner melemah) dan Karna sudah banyaknya judul artikel yang membahas suara kasar pada all new cb 150r. Namun setelah saya membaca salah satu postingan yang membahas masalah tersebut. Ternyata postingan tersebut hanya menganjurkan pemilik sepeda motor untuk melakukan pergantian tensioner assy atau yang sering di sebut otomatis temeng. Nahh menurut saya hal ini akan sia-sia jika kita melakukan pergantian tensioner dengan merk yang tidak di anjurkan atau kode part yang salah. Alhasil masalah mesin kasar akan timbul lagi di kemudian hari. Dari pengalaman saya yang tidak sengaja mebaca postingan tersebutlah saya merasa harus membuat postingan yang membahas kerusakan pada all new cb150r agar masalah kerusakan dapat ditangani dengan cara yang benar dan tidak timbul lagi di kemudian hari

cara paling tepat menangani suara kasar all new cb150r
gambar: tensioner lifter assy 

langkah-langkah menangani suara kasar pada all new cb150r

sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa suara kasar tersebut memang berasal dari tensioner lifter asssy, biasanya suara kasar akan lebih jelas terdengar pada saat mesin dihidupkan di pagi hari, atau pada saat suhu mesin telah memanas akan ada suara kasar (klotok-klotok) di bagian tensioner, jika memang anda sudah memastikan bahwa suara memang berasal dari tensioner. jangan pernah sekali-sekali anda memotong sedikit pegas yang berada pada tensioner agar gaya tekan tensioner menjadi kuat, jika hal ini anda lakukan maka memang suara kasar tersebut akan hilang, namun dalam jangka waktu lama hal ini justru semakin menambah kerusakan menjadi lebih parah, sebab pegas akan patah akibat ukuran pegas menjadi lebih pendek sehingga dalam jangka waktu yang lama pegas tersebut akan patah akibat tidak sanggup menahan panas yang ditimbulkan dari gaya gesekan pada mesin. sehingga pen pendorong pada tensioner tidak lagi mendorong rantai keteng (cam chain). hal ini akan menyebabkan suara rantai keteng menjadi lebih kasar dan bahkan rantai keteng dapat terlepas dari gigi roda yang berada pada camshaft (as klep). jika hal ini terjadi maka silinder blok dan silinder head akan hancur akibat benturan rantai keteng di dalam mesin. jadi saya sarankan jangan pernah memotong pegas yang berada pada tensioner, sebab saya pernah menangani kasus loncatnya rantai keteng tersebut di bengkel saya dan untuk memperbaiki kerusakan ini di butuhkan dana berkisar 1 juta keatas, tentunya kerusakan tersebut membutuhkan biaya yang mahal

nah untuk itu berikut adalah langkah-langkah menangani kerusakan tersebut:
  • gantilah tensioner lifter assy dengan part yang asli, namun wajib menggunakan kode part tensioner lifter assy  14520-KGW-601. karna kode part tersebut adalah kode part terbaru tensioner untuk sepeda motor all new cb150r, artinya pihak pabri sudah melakukan perubahan pada tensioner agar umur pemakaian lebih awet
  • jika dikemudian hari suara kasar timbul kembali akibat lemahnya gaya tekan pada tensioner maka anda wajib melakukan pergantian tensioner comp dan rantai keteng asli dengan kode part 14510-K56-N00. maka saya yakin masalah tersebut akan terselesaikan dan tidak akan timbul dikemudian hari
bagi anda yang mungkin tidak bisa melakukan pergantian rantai keteng sendiri, saya sarankan cobalah melakukan pergantian rantai keteng di bengkel resmi honda
untuk harga tensioner lifter assy yang asli berkisar Rp.270.000 dan untuk pergantian rantai keteng komplit asli berkisar Rp.600.000

No comments:

Post a Comment