Wednesday, November 16, 2016

penyebab lampu depan sepeda motor injection lonyot

mika lampu utama pada sepeda motor lonyot


sekarang ini seperti kita ketahui bahwa seluruh pengeluaran sepeda motor baru telah menggunakan sistem injection dan seluruh pengeluaran sepeda motor terbaru ini sudah tidak memiliki swich on- off lampu utama yang di karnakan telah di keluarkan pasal 107 UUD No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (UU LLAJ) berikut:
  1. pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan dijalan pada malam hari  dan pada kondisi tertentu
  2. pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

sehingga pihak pabrikan sepeda motor membuat lampu utama langsung menyala pada saat sepeda motor dinyalakan agar sipengendara  tidak lupa untuk menyalakan lampu utama, namun hal ini menyebabkan bola lampu utama lebih sering putus. mungkin jika hanya masalah bola lampu utama saja yang putus  kita bisa mengganti sendiri tanpa harus membawa sepeda motor ke bengkel, karna pengerjaannya hanya membutuhkan beberapa peralatan kunci untuk membuka cover depan sepeda motor. namun jika kita mengganti bola lampu utama dengan bola lampu yang tidak di anjurkan justru akan berakibat fatal, oleh sebab itu kita harus mengetahui spesifikasi bola lampu utama yang sesuai dengan sepeda motor yang kita miliki. sebab masing-masing sepeda motor memiliki nilai watt yang berbeda-beda.
maka untuk mengetahui nilai watt bola lampu utama yang sesuai untuk sepeda motor yang kita miliki, kita dapat melihatnya pada sisi bola lampu yang masih asli bawaan sepeda motor (belum pernah diganti) sehingga kita dapat mengetahui berapa nilai watt yang sesuai untuk bola lampu sepeda motor yang kita miliki, sebab jika kita mengganti bola lampu utama dengan watt yang lebih besar atau pun lebih kecil dari bawaan asli bola lampu sepeda motor yang kita miliki, maka akan mengakibatkan : 

1. lonyotnya mika pada lampu utama 


jika watt pada bola lampu melebihi spesifikasi yang di tentukan untuk sepeda motor yang kita miliki, maka akan mengakibatkan timbulnya panas yang berlebihan pada lampu utama akibat dari watt lampu yang terlalu besar, dan jika hal ini dibiarkan saja dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan lonyotnya mika pada lampu utama, di bawah ini adalah salah satu contoh kasus lonyotnya mika lampu utama
penyebab lampu depan sepeda motor injection lonyot
dan setelah saya melakukan pemeriksaan terhadap bola lampu utama pada sepeda motor tersebut ternyata watt pada bola lampu tersebut terlalu besar, yaitu 12V  100/90W yang seharusnya sepeda motor tersebut menggunakan bola lampu utama 12V 35/35W. untuk lebih jelasnya lihatlah  gambar berikut
penyebab lampu depan sepeda motor injection lonyot
dari gambar diatas terlihat bola lampu pada sisi sebelah kiri adalah bola lampu utama asli milik sepeda motor scoopy dan pada sisi sebelah kanan adalah bola lampu yang menyebabkan mika lampu utama sepeda motor tersebut lonyot, sebab bola lampu tersebut tidak sesuai spesifikasi untuk lampu sepeda motor scoopy.

2. lowbetnya batrai pada sepeda motor

 

hal yang kedua akan mengakibatkan  batrai pada sepeda motor ngedrop akibat volt pada bola lampu yang tidak sesuai dengan volt bola lampu utama bawaan sepeda motor (asli), sehingga walau pun sistem pengecasan batrai pada sepeda motor dalam kondisi baik tetap akan membuat batrai ngedrop. itu dikarnakan akibat volt pada lampu utama terlalu besar. dalam beberapa kasus seperti ini  ada yang menyangka bahwa batrai telah rusak (soak) yang mengakibatkan sepeda motor tidak bisa dinyalakan dengan electrik stater, namun setelah melakukan pergantian batrai, sepeda motor hanya beberapa hari saja dapat dinyalakan dengan menggunakan electrik stater yang kemudian batrai kembali ngedrop. penyebab batari ngedrop itu sebenarnya berasal dari terlalu besarnya volt yang ada pada bola lampu utama pada sepeda motor (melebihi spesifikasi)

3. redupnya cahaya lampu utama


hal yang ketiga adalah redupnya cahaya pada lampu utama sehingga pada saat berkendara pada malam hari kita akan kesulitan untuk melihat jalan akibat cahaya lampu utama yang redup. hal ini terjadi akibat watt pada bola lampu utama pada sepeda motor kita terlalu kecil (kurang dari spesifikasi). walau hal ini tidak menyebabkan kerusakan pada sepeda motor namun akan mengakibatkan pandangan berkendara yang kurang terang di malam hari, terlebih lagi jika dalam kondisi hujan.
jadi sebaiknya ketahuilah dahulu berapa ukuran volt dan watt yang sesuai untuk sepeda motor anda sebelum melakukan pergantian bola lampu agar tidak merusak lampu utama pada sepeda motor milik anda, sekian dari saya semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda.


No comments:

Post a Comment