Thursday, October 13, 2016

honda beat pgm-fi mati mendadak

cara mengatasi honda beat pgm-fi yang mati secara tiba-tiba


Menunggangi sepeda motor matic memanglah sangat nyaman, kita tidak perlu repot repot untuk mengatur perpindahan gigi transmisi. terlebih lagi sekarang ini metic sedang tren apa lagi dikalangan anak-anak muda sekarang. seperti saya yang menunggangi honda beat pgm-fi ESP. saya sangat menyayangi metic yang saya miliki, tetapi sekitar sebulan yang lalu sepeda motor matic saya mengalami kerusakan yang mungkin kerusakan tersebut terjadi bukan hanya kepada sepeda motor saya saja, sehingga saya memutuskan untuk memberi tahu masalah ini lewat artikel saya ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca


Berikut adalah pengalaman saya ketika sepeda motor mengalami mati secara tiba-tiba

pada waktu itu saya sedang mengendarai sepeda motor matic yang saya miliki, tiba-tiba sepeda motor mati mendadak, dan saya merasa kebingungan mengapa sepeda motor saya mati dengan tiba-tiba. saya melihat bahan bakar di tangki masih ada, lampu-lampu speedometer semua dalam keadaan baik (menyala seperti biasa). dan setelah saya mencoba kembali menyalakan mesin dengan stater ternyata sepeda motor saya kembali menyala tetapi hal ini menimbulkan pertanyaan sendiri di dalam hati saya "mengapa sepeda motor saya mati mendadak?"

dan setelah beberapa hari dari kejadian tersebut sepeda motor saya kembali mengalami hal serupa, sepeda motor beat pgm-fi esp saya mengalami mati mesin mendadak.tentunya hal ini membuat perasaan saya semakin tidak nyaman karna sepeda motor saya masih terbilang salah satu keluaran  terbaru(2016) tetapi memiliki kerusakan yang terbilang agak aneh. dan akhirnya saya mencoba untuk membongkar seluruh cover body untuk mencari tahu apakah penyebab dari kerusakan tersebut.saya memeriksa soket-soket kabel yang kemungkinan longgar, memeriksa tegangan batrai, memeriksa sekring-sekring dan akhirnya saya menemukan kerusakan pada bagian kabel.


ternyata setelah saya melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bagian kabel, saya menemukan kabel menempel pada bagian mesin dan kondisi kabel yang menempel tersebut dalam keadan lonyot dan terkelupas. saya pun membungkus kembali kabel yang terkelupas dengan isolasi.dan meletakkan potongan sendal bekas tepat di bagian bawah kabel yang telah saya balut tersebut agar kabel tidak menempel kembali dengan mesin, dan akhirnya saya dapat menjawab pertanyaan yang ada di dalam hati saya "mengapa sepeda motor saya mati mendadak?"
honda beat pgm-fi mati mendadak

agar para pembaca dapat mengetahui bagian kabel yang lonyot tersebut, lihatlah gambar dibawah ini agar anda dapat mengetahui letak kabel yang menempel dengan mesin (lonyot)
bagi para pembaca yang memiliki sepeda motor beat pgm-fi esp, saya sarankan agar melakukan pengecekan apakah kabel tersebut terlihat menempel dengan mesin? jika ia segeralah melakukan pencegahan kerusakan kabel dengan memberi lapisan  karet tebal atau semacamnya agar kabel tidak menempel/menyentuh langsung dengan mesin.

pada gambar terlihat kabel gosong/terkelupas dan terdapat bekas tempelan kabel yang lonyot pada bagian mesin (lihat pada gambar yang saya beri lingkaran)


honda beat pgm-fi mati mendadak
honda beat pgm-fi mati mendadak

pada bagian yang saya beri lingkaran merah inilah kabel yang menempel pada mesin, letak kabel tersebut tepat di bawaah throotle body

saya menyimpulkan bahwa penyebab sepeda motor mati mendadak dikarnakan kabel yang menempel dengan mesin, sehingga kabel lama-kelamaan akan lonyot dan terkelupas yang mengakibatkan kawat kuningan dari dalam kabel tidak terbalut dan menyentuh mesin (badan) . sehingga ketika kawat kabel yang terkelupas menyentuh mesin (badan) maka akan terjadi arus pendek (korsleting). karna sepeda motor injection adalah sepeda motor yang diatur secara elektronik maka ketika terjadi arus pendek (korsleting) sepeda motor tentunya akan mati mendadak 

sekian artikel ini saya buat semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih.

No comments:

Post a Comment