Monday, October 24, 2016

suara mesin beat pgm-fi kasar

mengenali gejala kerusakan honda beat pgm-fi

dua hari yang lalu bengkel saya kedatangan konsumen yang mengeluhkan suara kasar pada sepeda motornya. dan setelah saya melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor tersebut ternyata saya menemukan box saringan udara dalam keadaan kotor akibat lekangnya lem perekat yang berada pada box saringan udara. karna saya sering menangani kasus seperti ini, saya langsung memberi tahu kepada konsumen tersebut bahwa sepeda motor harus segera mendapatkan perbaikan dengan melakukan pembongkaran mesin, dan setelah saya menjelaskan kerusakan tersebut konsumen tersebut juga menyetujui bahwa sepeda motor harus segera mendapatkan penanganan pembongkaran mesin. berikut ini adalah gambar box saringan udara yang kotor akibat masuknya kotoran tanah dan pasir pada box saringan udara tersebut

penyebab suara beat pgm-fi kasar
gambar: box saringan udara yang kotor
dan setelah saya melakukan pembongkaran  pada SILINDER HEAD dan SILINDER BLOK, terlihat piston telah tergores akibat masuknya kotoran tanah/pasir pada ruang bakar sehingga kotoran tersebut bergesekan dengan piston, hal ini menyebabkan kenalpot mengeluarkan asap dan suara kasar pada mesin. untuk lebih jelasnya lihatlah gambar berikut
penyebab suara mesin beat kasar
gambar: piston tergores

karna saya melihat piston telah tergerus, saya pun melakukan pembongkaran mesin untuk melakukan pemeriksaan bearing  pada crankshaft (kruk as) karna pada sepeda motor tersebut oli mesin sudah dalam keadaan kering akibat rusaknya piston yang mengakibatkan oli mesin ikut terbakar di ruang bakar. hal ini tentunya membuat bearing pada  crankshaft aus dan mengakibatkan suara kasar.
dan setelah saya melakukan pergantian bearing pada crankshaft, mengganti piston, dan melakukan skor klep. saya pun merakit ulang mesin tersebut. dan saya melakukan pengeliman pada box saringan udara  dengan lem dexton agar kerusakan tidak terulang kembali. kerusakan parah ini terjadi akibat sudah terlalu banyaknya kotoran yang terhisap masuk ke ruang bakar

nah  dari kasus yang saya tangani dua hari lalu anda para pemilik honda beat pgm-fi dapat melakukan pengecekan kebocoran pada box saringan udara sendiri tanpa harus membawa sepeda motor ke bengkel, apa bila terdapat kotoran pada bagian dalam box saringan udara, saya sarankan untuk melakukan pengeliman segera, agar tidak terjadi kerusakan pada sepeda motor di kemudian hari seperti kasus di atas

langkah-langkah melakukan pengeliman box saringan udara

  1. lepaskan box saringan udara dari sepeda motor
  2. lepaskan filter udara dengan melepas 5 buah sekrup yang berada pada cover box saringan udara
  3. cuci box saringan udara dengan sabun hingga bersih dan keringkan
  4. buat permukaan kasar di bagian yang akan kita berikan lem dengan menggores-goreskan benda tanajm agar permukaan menjadi kasar sehingga lem tidak mudah lekang dikemudian hari
  5. setelah itu lakukan pengeliman dengan lem dexton (lem besi). sebaiknya gunakan lem dexton  yang cepat mengering(5 menit)
  6. dan setelah lem merata melingkari permukaan, oleskan sedikit bensin pada lem agar pengeliman terlihat lebih rapi
  7. setelah lem mengering, pasang kembali box saringan udara dan jangan lupa untuk memasang kembali selang-selang yang menempel pada box saringan udara
  8. dan pasang kembali saringan udara dan cover box saringan udara dengan memasang sekrup-sekrup.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini


lem pada  box saringan udara ini lekang akibat lem tersebut terkena air yang berasal dari roda belakang, sehingga lem tersebut lama-kelamaan menjadi retak-retak dan lekang. maka dari itu bagi anda pengguna sepeda motor beat pgm-fi sebaiknya saya sarankan lakukan pemeriksaan pada lem tersebut agar tidak terjadi kerusakan pada sepeda motor di kemudian hari.
sekian dari saya semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca

No comments:

Post a Comment