cara melakukan pergantian pompa injection
kali ini saya akan membahas tentang bagai mana cara melakukan penggantian pompa injection pada sepeda motor, dan anda mungkin sudah tahu bahwa harga sperpart yang berhubungan dengan PGM-FI pastilah lebih mahal seperti pump assy, injector, trotthol body, ecm, dan sensor-sensor lainnya di banding part-part yang lain. untuk harga pompa injection saja berkisar dari harga Rp. 500.000 - Rp.900.000 (tergantung dari tipe sepeda motor) biasanya kalau harga pompa metic berkisar Rp.600.000 sedangkan tipe sport berkisar Rp.800.000 keatas, tentunya harga yang cukup mahal bagi kita. nahh untuk menghemat pengeluaran anda, saya akan memberikan sosuli agar biaya untuk pergantian pompa injection tidak terlalu mahal.
kita cukup melakukan pergantian motor unit yang berada pada pompa injection yang dapat kita beli di bengkel-bengkel biasa dengan harga berkisar Rp.150.000 dan untuk lebih baiknya lagi kita juga membeli filter yang baru, karna biasanya jika tekanan pompa injection sudah lemah (rusak) filter juga sudah dalam kondisi kotor. oleh sebab itu sebaiknya kita melakukan pergantian filter dengan yang baru agar motor unit tidak cepat rusak di kemudian hari akibat terlalu kotornya filter. harga filter berkisar Rp.30.000 namun jika kita mengalami kesulitan untuk membeli filter tersebut karna mungkin masih sedikit bengkel yang menjual filter pompa bahan bakar, saya akan memberi tahu cara melakukan pembersihan filter tersebut
gambar: bagian-bagian pompa bahan bakar |
bagian- bagian dari pompa injection
- fuel unit
- motor unit
- o-ring (p5)
- cover unit
- o-ring (P7)
- filter
- o-ring fuel pump
- dust seal
langkah-langkah melakukan pergantian motor pada pompa injection
sebelum melakukan pergantian motor, pastikan bahwa pompa bahan bakar memang sudah rusak(tekanan pompa sudah lemah). jika anda sudah memastikan bahwa pompa bahan bakar memang rusak, maka lakukan langkah-langkah berikut:
- lepaskan soket kabel pompa dan soket bahan bakar
- lepaskn mur 10 yang mengikat pompa
- lepaskan pompa dari tangki bahan bakar
- lepaskan O-ring fuel pomp dari tangki dan letakkan O-ring tersebut di tempat yang kering. usahakan jangan terkena/terendam bahan bakar sebab O-ring tersebut gampang mengembang
- lepaskan filter dari pompa,hati-hati O-ring (p7) yang berada pada filter jangan sampai hilang
- cabut soket kabel fuel unit yang menempel dengan cover unit, namun harap di ingat susuan pemasangan soket kabel sebab masing-masing sepeda motor kemungkinan memiliki warna dan letak kabel yang berbeda. saya sarankan fotolah terlebih dahulu susunan kabel sebelum melakukan pelepasan. sebab jika salah dalam meletakkan soket kabel maka pompa tidak dapat menyala atau pun amper minyak pada sepeedometer tidak menyala
- pisahkan fuel unit dari cover unit dengen cara melepaskan soket pengikat yang berada pada cover unit
- setelah terlepas tarik motor unit dan lepaskan kabel yang menempel pada motor unit, harap di ingat letak kabel yang menempel pada motor unit agar dalam pemasanga tidak terbalik, biasanya di motor unit terdapat tanda + dan -. untuk tanda + kabel merah dan untuk - kabel yang berwarna hitam. dan harap perhatikan O-ring (p5) yang berada pada motor unit jangan sampai hilang
- setelah itu pasang kembali motor unit dengan yang baru,pasanga kembali kabel yang menempel pada motor sesuai posisi kabel. jangan lupa pasang kembali O-ring (p5) pada motor
- pasan kembali fuel unit dengan cover unit sehingga menyatu kembali seperti semula.
- pasang O-ring(p7) ke filter yang baru dan pasang filter baru ke pompa
- pasang kembali dust seal ke dalam tangki dan beri sedikit greese (gemuk) agar mudah saat melakukan pemasangan pompa
- pasang kembali pompa bahan bakar dan tekan pompa ke tangki bahan bakar sampai terasa "klik" bahwa pompa dan dust seal memang sudah tepat dalam pemasangannya. untuk melakukan pengetesan pemasangan pompa sudah tepat atau belum, lakukan pengisian bahan bakar ke tangki sampai tangki terisi penuh,dan lihat apakah terjadi rembesan bahan bakar pada pompa? jika ia maka pemasanga dust seal belum tepat. jika tidak terdapat rembesan bahan bakar di sekitar pompa maka pemasangan dust seal dan pompa sudah tepat.
di dalam video terlihat setelah saya melakukan pembersihan filter dengan menggunakan bahan bakar, terlihat bahan bakar yang awalnya bersih menjadi sangat kotor, hal ini dikarnakan terlalu kotornya isi tangki bahan bakar, maka setelah kita melakukan pergantian motor pada pompa saya harap anda dapat menjaga kebersihan isi tangki bahan bakar agar pompa tidak cepat rusak tentunya, dan saya mohon maaf jika tampilan video saya tertutupi oleh watermark sehingga tampilan video kurang begitu jelas
jika anda sudah berhasil melakukan pergantian motor pada pompa, maka anda sudah menghemat biaya hingga ratusan ribu tanpa perlu mengganti pompa dengan yang baru
sekian artikel ini saya buat semoga berguna bagi pembaca:)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar